Direksi lpdb-kumkm

Drs. Supomo, Ak., MM.

Direktur Utama

Supomo, lahir di Lumajang, saat ini menetap di Jakarta. Mengawali karir di Kantor Akuntan Publik di Kota Surabaya pada 1987 – 1989. Supomo melanjutkan karir nya di Perbankan pada tahun 1989 hingga 1999. Supomo pernah menjadi salah satu Kepala Cabang termuda di Bank tepatnya bekerja pada saat itu.

Sukses di Perbankan, Supomo melanjutkan karirnya di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Bahana Group, bergerak di bidang permodalan, sepanjang tahun 2000 hingga 2019 Pria yang akrab di sapa “Pomo” ini sukses mengisi jajaran Direksi serta Komisaris di beberapa anak perusahaan Bahana Group.

Memiliki kinerja yang mentereng di bidang Investasi, mengantarkan Supomo menjadi Deputi Direksi di Medco Holding pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2020.

Pada tahun 2020 Supomo melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI untuk memimpin Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) hingga sekarang, memulai tugasnya saat pandemi Covid-19 yang berdampak pada merosotnya perekonomian nasional, Supomo berhasil mengantarkan LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang fokus pada perkuatan permodalan koperasi dan hadir di tengah masyarakat, serta berperan penting dalam Percepatan Ekonomi Nasional (PEN).

Oetje Koesoema Prasetia, SE.

Direktur Umum dan Hukum

Oetje Koesoema Prasetia, lahir di Malang, saat ini menetap di Jakarta. Mengawali karir dalam badan usaha yang mengerjakan proyek nasional di Jakarta pada tahun 1996. Lalu melanjutkan karirnya di perusahaan telekomunikasi pada tahun 1997 sampai 1998. Kemudian pada tahun 1998 hingga 2000, melanjutkan karirnya di perusahaan yang menyediakan berbagai macam jasa survei.

Setelah sukses, Oetje melanjutkan karirnya di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Bahana Group, bergerak di bidang permodalan, sepanjang tahun 2000 hingga April 2022. Pria yang akrab di sapa “Oce” ini sukses mengisi jajaran Direksi di beberapa anak perusahaan Bahana Group.

Memiliki kinerja yang baik, pada tahun 2022 Oetje Koesoema Prasetia melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI ditunjuk untuk menjadi Direktur Umum dan Hukum Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) hingga sekarang, memulai tugasnya saat ini Oetje Koesoema Prasetia berupaya membawa
LPDB-KUMKM menjadi jauh lebih baik.

Bambang Sadewo, S.E., M.M.

Direktur Keuangan

Bambang Sadewo, lahir di Jakarta. Mengawali karir sebagai Pelaksana Biro Tata Usaha, Pusat Akuntansi Barang Milik/Kekayaan Negara, Badan Akuntansi Keuangan Negara dari tahun1999 sampai tahun 2007. Bambang Sadewo melanjutkan karirnya sebagai Kepala Seksi di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari tahun 2008 sampai tahun 2010. Lalu menjadi Kepala Seksi di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Pusat tahun 2011 sampai pertengahan tahun 2013.

Pada akhir tahun 2013 Bambang Sadewo diangkat menjadi Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Kolaka, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Pada tahun 2017 Bambang Sadewo selanjutnya ditugaskan sebagai Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi, Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Dan pada tahun 2019 menjadi Kepala Subdirektorat Penganggaran, Pengelolaan Kinerja dan Risiko Investasi, Direktorat Sistem Manajemen Investasi, Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Pada 8 Januari 2024, Bambang Sadewo melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI ditunjuk untuk menjadi Direktur Keuangan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) hingga sekarang, memulai tugasnya saat ini Bambang Sadewo berharap dapat membuat LPDB-KUMKM menjadi lembaga yang memiliki visi Good Corporate Governance.

Jarot Wahyu Wibowo, SE., MM.

Direktur Pengembangan Usaha

Jarot Wahyu Wibowo, lahir di Jakarta, dan saat ini menetap di Cibubur – Depok, Jawa Barat. Mengawali karir di Kantor PT. Agra Kurnia Lestari pada tahun 1996 – 1997. Pria yang akrab dipanggil “Jarot” ini melanjutkan karirnya setelah lulus pada tahun 1998 di PT. Bahana Arta Ventura (PT BAV) – Lembaga Keuangan Modal Ventura, salah satu anak usaha dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) yang bergerak dalam bidang pembiayaan dan pembinaan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dari tahun 1998 sampai 2015.

Selama di Bahana Group, Jarot Wahyu Wibowo ditugaskan untuk menjabat sebagai anggota Direksi dan Komisaris di beberapa Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang terafiliasi dengan PT. Bahana Arta Ventura hingga tahun 2015. Kemudian sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2020, setelah lepas dari Bahana Group menjabat sebagai Direktur Utama di salah satu PMVD di Jawa Tengah.

Pada bulan Mei tahun 2020, Jarot Wahyu Wibowo melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI ditunjuk untuk menjadi Direktur Pengembangan Usaha Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM). Jarot Wahyu Wibowo berharap dapat membawa perubahan yang baik dan transformasi untuk kemajuan LPDB-KUMKM.

Krisdianto Soedarmono, ST., MM.

Direktur Bisnis

Krisdianto, lahir di Jakarta. Mengawali karir bekerja di lembaga keuangan non bank milik Astra Group, Bank Mandiri Group dan Trakindo Group pada tahun 1997-2018. Krisdianto adalah seorang lulusan Magister Manajemen dari Universitas Indonesia yang berkonsentrasi pada Manajemen Pemasaran.

Krisdianto melanjutkan karirnya di berbagai Lembaga Keuangan Non Bank lainnya untuk menambah pengalaman manajerial operasional baik teknis maupun non teknis di dunia keuangan selama 21 tahun. Selain pengalaman kerja yang cukup banyak, Krisdianto juga memiliki jaringan dan relasi bisnis yang luas di sektor non keuangan bank, seperti di industri asuransi, dan perusahaan pembiayaan.

Selain aktif di dunia bisnis, Krisdianto juga aktif di organisasi Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sebagai wakil ketua komisi.

Pada tahun 2018 Krisdianto melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI ditunjuk untuk menjadi Direktur Bisnis Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), memulai tugasnya hingga saaat ini, Krisdianto berharap dapat memberikan perubahan bagi LPDB-KUMKM terutama didalam sektor bisnis dan pembiayaan kepada Koperasi dan UMKM.

Ari Permana, SE., Msi.

Direktur Pembiayaan Syariah

Ari Permana, lahir di Jakarta. Mengawali karir sebagai Program Manager di Rumah Zakat dari tahun 2006 sampai 2007. Ari Permana melanjutkan karirnya di Space Com sebagai Koordinator Program pada tahun 2007-2008. Selanjutnya Ari Permana melanjutkan karirnya di bidang keuangan Non bank pada tahun 2008-2010. Lalu pindah ke perbankan pada tahun 2010 sampai dengan 2012.

Sukses di Perbankan, Ari Permana melanjutkan karirnya di Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai Wakil Direktur Eksekutif pada 2012 sampai 2017 dan sebagai Direktur Eksekutif pada tahun 2018. MES merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengembangkan dan membumikan ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi yang berkeadilan dan berdasarkan prinsip-prinsip syariah.

Pada 7 Oktober 2020, Ari Permana melalui SK Menteri Koperasi dan UKM RI ditunjuk untuk menjadi Direktur Pembiayaan Syariah Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) hingga sekarang, memulai tugasnya saat ini Ari Permana berharap dapat membuat LPDB-KUMKM menjadi Lembaga yang mampu meningkatkan ekonomi syariah melalui Koperasi dan UMKM.